>
tips dan attitude jual-beli di ONLINE SHOP Dolores Haze : tips dan attitude jual-beli di ONLINE SHOP

Future Machine

Saturday, December 5, 2015

tips dan attitude jual-beli di ONLINE SHOP



Hello folks!
Masih semester awal aja udah disibukkan dengan ngurusin event, tugas, dan ukm. Take a lot time and costs, but I really enjoyed it hehe.
Kali ini aku mau bahas seputar dunia ONLINE SHOP nih :)
Kenapa? Karena dari tahun 2013 aku udah bergelut di bisnis online. Jadi cukuplah untuk mengetahui lika-liku di dunia tersebut.
Aku mau ngasih beberapa tips dan attitude untuk seller dan buyer nih!





FOR SELLER:

1. Jual produk yang layak, menarik, dan tidak palsu
Kalau ada sedikit cacat, ya tulis di caption, jangan bikin buyer komplain karena kita gak bilang kalo ada cacatnya. Sah-sah aja kok jualan apapun, selama itu halal dan layak jual gak masalah. Oiya, jangan diakui kalau asli kalau sebenernya itu palsu, kasian si buyer dong :( #lagilagimasalahkepercayaan. Harga harus menyesuaikan dengan kondisi barang.


2. Rajin bikin promo atau kasih diskon
Ini berguna banget lho buat narik pelanggan. Dengan begitu income bisa nambah cepet dengan banyaknya pelanggan :) Oiya, nggak ada salahnya juga ngasih kesempatan nego yang wajar.


3. Selalu cek mutasi atau jumlah saldo di rekening dan mintalah bukti transfer
Penting banget! Karena kulihat dari beberapa pengalaman orang lain, ada beberapa buyer yang ngakunya udah transfer tapi ternyata belum ada saldo masuk di rekening seller. Ada juga yang sellernya udah terlanjur kirim tapi ternyata si buyer sebenernya belum transfer (ngakunya udah). Jadi jangan malas untuk ngecek dan minta bukti transfer ya kalau gak mau rugi :)

*btw bukti transfer juga bisa dipalsukan, jadi cara terbaik adalah tetap ngecek mutasi


4. Bungkus kemasan barang jualan dengan baik dan aman
Gakpapa penuh lakban supaya aman dari air. Gakpapa masukin kardus biar aman dari tindihan barang kiriman lain. Tulis data buyer dengan spidol tahan air trus kalo bisa dilapisi isolasi. Tapi alangkah manisnya kalau dibungkus dengan dengan rapi dan menarik.


5. Tulis detail dan harga produk
Sepele tapi jangan pernah lupa untuk menulis detail produk yang dijual, seperti jenis, ukuran, jumlah stok, ready/preorder, second/new, bahan, HARGA dll. Gunanya supaya calon buyer bisa mempertimbangkan barang yang akan dibeli tersebut.


6. Bikin rules khusus
Seller harus banget punya rules khusus untuk calon buyernya. Contohnya nih ya, harus baca caption baik-baik dan tidak melayani pertanyaan detail yang sudah tercantum. Sering banget ada calon buyer yang komen "Masih ada gak sis?", jangan dimarahin ya, reply komennya dan bilang kalau masih ada atau bisa juga bikin sarkasm "masih ada sis, bisa cek di rules atau caption ya". Contoh lainnya adalah dengan menerapkan sistem SOLD=DELETE, jadi barang yang udah laku maka fotonya akan dihapus, agar menghindari pertanyaan yang sama berulang kali hehe. Bisa juga bikin jam kerja melayani orderan pembeli atau pengiriman barang H+1 transfer atau juga beri waktu max transfer. Bikin rules sekreatif mungkin ya biar sama-sama enak :)


7. Posting testimonial buyer
Gunanya ya buat menambah kepercayaan calon buyer kalau toko kita trusted atau banyak pelanggan hehe. Tapi testimonial yang asli ya, jangan yang abal-abal nyomot dari google atau akun lain :)) Jangan malas posting! Bisa bikin alternatif degan akun lain khusus testi.


8. Kirim barang tepat waktu
Yap, jangan bikin pelanggan menunggu kedatangan pesanannya. Kalau menerapkan sistem pengiriman H+1 setelah transfer ya kirim PAS besoknya, jangan menunda pengiriman. Kalau sistem kirimnya di hari H setelah transfer ya langsung kirim.


----------------------------------------------------------------------------------------------------

FOR BUYER:

1. Jangan PHP 
Sudah tanya detail, minta nego, ngasih alamat, alamakkkk ternyata gak jadi beli, kan tai, hehe. Gak semua olshop lapang dada lho kalau digituin. Maka dari itu, jangan PHP kalau ternyata budget gak mencukupi atau ada halangan, bisa-bisa di blacklist lho, karena tiap olshop punya rules nya masing-masing :) Belilah produk yang sesuai budget ya :)


2. Sah aja tanya detail
Itu hak kalian, selama barang tersebut memang ready. Gunanya agar kita tau ada cacat atau tidak, masih layak pakai atau tidak, sesuai sama foto yang diposting atau tidak, dll. Kalau ternyata gak sesuai ekspetasi gakpapa sih kalau gak jadi beli, tapi kembali lagi ke point 1 :)


3. Jangan minta booking terlalu lama
Booking kelamaan bisa terkesan PHP lho bagi si seller, maka dari itu pikir kembali kalau mau booking jangan sampai berhari-hari ya.


4. Komplain dengan alasan yang tepat
Misalkan kalau barang tidak sesuai permintaan, bisa komplain, tapi kalo si seller menerapkan sistem "barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan", jangan ngotot minta tukar ya. Kalau bisa selalu tanya detail dulu lebih amannya.


5. Selalu baca caption dan rules
Agar menghindari pertanyaan yang tidak akan pernah dibalas dan menghindari kejengkelan si seller. Kebanyakan seller gak suka menjawab pertanyaan yang sama dan kalau bisa ikutin rules di olshop tersebut ya.


6. Bisa nego asal gak kelewatan
Yap, paling nggak hargai si seller. Sewajarnya aja. Tapi ingat, minta nego hanya kepada olshop yang menerima nego ya, gak semua olshop soalnya :)


7. Berhematlah 
Belilah barang sesuai kebutuhan bukan karena keinginan semata, daripada rugi dan nyesel belakangan hehe.




Conclusion: 

  • KEPERCAYAAN adalah kunci SUKSES 
  • Saling menghargai hak itu juga penting
  • SABAR
  • Jangan ragu untuk memulai usaha kecil dari usaha sendiri
  • Jangan ragu blacklist kalau salah satu pihak mulai keterlaluan dan mencoba menipu


kalau ada yang mau nambahin di komen boleh banget lho :D

Regards,
Patricia

0 bird(s):

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved