>
kesalahan yang jangan sampai terjadi dan terulang ketika berlibur di luar negeri Dolores Haze : kesalahan yang jangan sampai terjadi dan terulang ketika berlibur di luar negeri

Future Machine

Sunday, January 15, 2017

kesalahan yang jangan sampai terjadi dan terulang ketika berlibur di luar negeri



Hello folks!
Kali ini aku mau bahas mengenai kejadian-kejadian yang jangan sampai terjadi atau terulang kalau kita (akan) berpergian ke luar negeri.
Tulisan ini kutulis berdasarkan pengalamanku sendiri dan pengalaman orang terdekat.


   ~ Passport harus kalian bawa kemanapun. Di awal mau berangkat aja kudu nunjukin passport, nah begitu di luar negeri jangan sampe ninggal passport di penginapan ya. Jangan sepelekan buku mungil itu, karena punya power buat bebasin kita dari pajak di toko-toko besar maupun mall pas lagi belanja, udah gitu bisa dapet diskon pula. Selain itu, kalau ganti simcard disana biasanya kudu nunjukin passport juga sih buat verifikasi identitas.

   ~ Lebih baik ganti simcard aja ketimbang roaming pake simcard Indonesia. Biaya yang terkuras lebih murah ketimbang roaming data pake simcard Indonesia. Jangan sungkan tanya kalau emang nggak tau cara ngaktifin paket datanya, ntar takutnya kita nyoba mau top-up pulsa malah kena biaya standar karena gaktau ngaktifin paket datanya, boros deh :(

   ~ Perlengkapan mandi harus disesuaikan dengan standar bandara ya biar bisa masuk. Kalau masuk bagasi, boleh aja bawa yang diatas 700ml, tapi kalau masuk ke ransel gitu nggak boleh dan harus dikeluarin :( Mending mulai sekarang beli perlengkapan mandi macam sabun cair, sampo, sabun muka, dll nya yg kecil-kecil aja. Bisa juga lho disiasati dengan masukin cairan-cairan tersebut ke botol-botol mungil, yang bisa kalian beli di toko aksesoris atau supermarket. Lebih praktis, gak berat, dan gak bakal kesita. Selain itu juga menghindari agar kita nggak beli barang-barang tersebut di luar negeri, karena pastinya harga lebih mahal (bahkan ada yang import dari Indonesia dan harganya lebih mahal).

   ~ Bawa pakaian sesuai hari kalian stay di luar negeri. Gak usah banyak-banyak lha. Kalau misal liburan selama 4 hari 3 malam, ya cukup aja bawa 4-6 baju jalan-jalan, kaos/piyama tidur cukup 1-2 aja (bisa dipake ulang di hari berikutnya biar hemat :P). Kalau aku sih ya, baju jalan-jalan yang kupakai pas malam hari, kupakai buat hari berikutnya atau lusanya, karena kalau malem kan nggak sumuk dan keringetan hehe. Sesuain juga jenis pakaian yang kalian bawa itu dengan kondisi cuaca maupun sosial disana. Nggak mungkin kan liburan ke Afrika tapi pakenya jaket berbulu atau sweater? Atau mau liburan ke Kazakhtan malah pakenya hotpants dan tanktop?

   ~ Pakai sepatu atau sandal yang nyaman dan sesuai bentuk kaki. Biar nggak sakit kaki sama punggung :"( Nggak mau kan perjalanan kalian terhambat cuma karena kebanyakan duduk dan ngeluh sakit? :( Biasain deh banyak jalan kaki selama di Indonesia, karena selama ini orang Indonesia itu dibiasakan naik kendaraan pribadi mulu. Jadi biar ntar pas di luar negeri kakinya nggak kaget kalau harus jalan (liumayan) jauh kemanapun. Anyway, naik kendaraan umum itu hal yang biasa banget, semua kalangan naik itu karena harga yang murah (bahkan ada yang gratis).

   ~ Bawa oleh-oleh untuk mereka yang emang deket sama kalian dan kalau ada yang nitip trus ganti rugi pas kalian balik ke Indonesia. Hehehehehe. Ini rada menyimpang dari 'tradusi' yang melekat banget di benak orang-orang Indonesia. Apakah nggak kepikiran kalau kebanyakan oleh-oleh bikin nambah bagasi dan berat-beratin? Nggak kepikiran mata uang asing yang kalian bawa itu tinggi banget nilainya? Mending lha ya diiomongin "safe flight", lha ini "jangan lupa oleh-oleh ya". Hmmm. Mbok ya kalau temennya pergi itu didoian dan disuruh hati-hati biar selamat dan pulang sampai tujuan.... Tapiiii ya terserah kalian juga sihhhhh, tinggal ikhlas atau enggak, niat atau enggak.

   ~ Siap-siap bawa P3K. Kalian nggak bakal tau apa yang bakal terjadi secara dadakan. Pembalut dan panty liner itu penting buat cewek, apalagi yang nggak tau siklus haid nya kapan. Obat salep atau minyak tawon kalau ada alergi atau digigit serangga. Plester koyo dan balsem biar nggak pegel-pegel.  Bawa vitamin juga perlu biar kebal radikal bebas dan nggak gampang sakit. Dsb. Usahakan deh siapin hal-hal kecil itu selama masih di Indonesia, daripada beli-beli di luar negeri, yang harganya sudah pasti jauh lebih mahal.

   ~ Bawa colokan listrik yang sesuai dengan lubang listrik di negeri yang akan kalian kunjungi. Karena beberapa negara banyak yang beda-beda colokannya. Kalian bisa mulai googling model-model colokan di tiap negara, nah dari situ tinggal nyesuain aja mau beli yang kayak apa. Nggak mau kan ngrepotin orang disana buat pinjem dan beli disana dengan harga yang lebih mahal?

   ~ Bawa powerbank juga penting lho. Terutama kalau gadget kalian borosss banget baterenya. Persetan dengan anggapan bahwa powerbank bisa merusak gadget, hehe. Asalkan nggak keseringan dan beli yang murahan. Ntar mau potret-potret, mau nelpon taxi, eeeeh malah mati gadgetnya. Kan nggak banget tuh? Jaga-jaga aja bawa, yang punya daya pengisian yang besar.

   ~ Kalau memutuskan untuk pergi sendirian, berdua, atau bertiga, terutama kalau kalian itu narsis super mending bawa tongsis atau tripod buat foto-foto. Sekarang kan dua benda itu harganya murah-murah, coba aja cari yang bentuknya enak dan ringan untuk dibawa kemanapun.

   ~ Ini nih yang penting, bahasa Inggris! Tapi di era modernisasi yang makin maju ini, bahasa Mandarin juga jadi bahasa Internasional lho selain Inggris. Nah, bisa tuh mulai dikit-dikit belajar. Tapi paling enggak ngutamain bahasa Inggrisnya deh. Kalimat-kalimat dasar macam meminta pertolongan, memesan sesuatu, membeli sesuatu, menanyakan jalan, dll gitu penting banget dipelajari dan dipahami. Masa ke luar negeri cuma modal duit doang tapi kemampuan bahasanya ala kadar? Hehe.




Itu aja sih yang bisa kusampein.
Kalau ada yang mau berbagi pengalaman dan kesalahan yang pernah dialami selama di luar negeri boleh banget lho tulis di kolom komentar.
Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian semua yang akan berpergian ke luar negeri ya :)
Intinya, jangan pernah sepelekan hal-hal kecil untuk mempersiapkan liburan atau stay jangka panjang kalian, supaya nggak berantakan dan kalian bisa tetap menikmati perjalanan disana :D



0 bird(s):

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved