>
have fun in DIVERSITY ! Dolores Haze : have fun in DIVERSITY !

Future Machine

Sunday, July 17, 2011

have fun in DIVERSITY !


Kadang sempet kepikiran, pengennya hal-hal yg kita punya bisa tetep sama dan ga berubah, misalkan pengen punya pacar yg sifatnya sama biar jarang berantem. Atau pengen terus tinggal di sekolah yg lama, sama temen-temen lama, biar ga adaptasi sama sekolah baru. Tapi coba bayangin deh, gimana jadinya kalau dunia ini serba seragam ??? What a boring life would that be ???
Kenapa (terkadang) perbedaan bisa meresahkan ?


# Didikan sejak kecil
Ilustrasinya begini : Seorang anak yg dari kecil terbiasa diajarkan makan pakai sumpit. Setelah besar, baru tau kalau kebanyakan orang makan pakai sendok dan garpu.
Awalnya, pasti dia kaget. Karena ini beda bgt sama yg diketahui selama ini. Hingga menjadi merasa asing dan ga nyaman dengan kebiasaan tersebut. Plus, ada ortu yg gak mengajarkan demokratis dan indepency sama anaknya. Padahal orang yg independen, akan terbiasa dgn perbedaan.


# Sudah terlanjur nyaman
Ilustrasi : Lagi asyik-asyiknya kumpul sama temen-temen, tiba-tiba ada anak baru yg belum dikenal gabung ke kita. Otomatis perhatian langsung tertuju pada si anak baru. Itulah yg memicu keresahan kita. Ditambah lagi, sama keinginan ga pengen berkenalan dgn hal baru.
Karena kita ga mau hal menyenangkan itu bakal berakhir. Begitu pula hidup kita dan perbedaan. In our mind : Buat apa mengusik comfort zone yg sudah ada dgn hal baru yg asing ?


# Takut terjadi bentrokan
Ilustrasi : Kita dibesarkan dalam suku yg terbiasa berbicara bahkan bertingkah secara halus. But, siapa sangka klo ada temen kita dari suku lain yg terbiasa berbicara blak-blakan ? Karena ga terbiasa dan ngrasa ga nyaman dgn penyampaiannya, jadilah sakit hati.
Dari hal itu, bisa saja kita langsung beranggapan, kalau temenan sama temen yg berbeda SARA akan banyak masalah. Padahal belum tentu sih.


# Takut terancam
Ilustrasi : Tiba-tiba salah satu ortu pindah kerja ke luar kota atau pulau. The game is on. Harus beradaptasi sama lingkungan baru yg berbeda dgn sebelumnya.
Karena sebagai kaum minoritas, lebih cenderung bersikap melindungi diri alias defensif setiap ada yg mendekat. Karena, takut merasa aneh dgn kebudayaan yg dibawa.


Apa untungnya ada perbedaan ?


# Memperluas wawasan
Pelajaran dari sekolah itu penting, tapi bakal lebih mengerti lagi klo mempelajari atau mempraktekkan secara langsung ! Yang paling simpel, bergaul dgn teman yg berbeda SARA


# Belajar adaptasi
Semakin dewasa, kita semua bakal sering ketemu lingkungan dan temen-temen baru. Dari segala penjuru, pasti bakal ketemu orang-orang baru (klo ada kemauan beradaptasi sih). 


# Bekal survive di berbagai lingkungan
Dengan berteman sama semua kalangan, otomatis klo ada masalah bakal makin mudah dapetin bantuan, hehe. 


Gimana cara nerimanya ?


# Hormati perbedaan
Sekalipun kurang cocok, usahakan untuk gak ngungkapin langsung itu ke permukaan.


# Kenali diri sendiri
Ketika merasa nyaman dgn diri sendiri, kita bakal PD melihat dunia. Kita juga akan lebih mudah menerima diri orang lain.


# Cari temen yg banyak 
Dengan catatan, bukan cuma di dunia maya. Kalau cuma ngobrol di dunia maya, itu sih cuma kulitnya aja. Cara paling ampuh buat kenal sama seseorang adalah dgn bahasa verbal.


# Membuka dan memperluas wawasan
Tujuannya biar lebih open minded. Kalau sering baca buku, travelling, ataupun nonton film dari berbagai negara, itu bisa bikin pengetahuan lebih luas, karena memperngaruhi pandangan kita terhadap warna dunia.


# Tulus
Sometimes, kalau kita udah berhasil menghadapi perbedaan dgn baik, kita suka mengharapkan orang lain agar berlaku sama kayak kita. Daaan kalau ga dapet reaksi setimpal, bakalan jadi sebel atau benci. Coba lakuin itu tanpa pamrih. Pasti bakalan lebih nyaman di hati.


What's the meaning of DIVERSITY ?

Nah, itu dia mengenai perbedaan, yg sampe sekarang masih bikin resah, dan hal itu kadang juga aku rasain sendiri. Yuk, kita bareng-bareng belajar menghargai dan nerima perbedaan. Aku belajar, kalian juga belajar, dan alangkah indahnya klo dunia ini lebih berwarna. Kita semua berbeda, tapi Tuhan cuma satu.




Sumber  : majalah Gadis edisi 24 Des '10-3 Jan '11
(dengan perubahan seperlunya)
Images Source : Photobucket, Google, Tumblr

0 bird(s):

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved