>
kuliah? Dolores Haze : kuliah?

Future Machine

Friday, April 10, 2015

kuliah?



Hello folks!
Mumpung bentar lagi mau jadi calon mahasiswi, bahasan kali ini ya menyangkut tentang perkuliahan ya :D


Kalau ditanya aku milih pts atau ptn, aku lebih milih ptn.
Kenapa? Aku ngerasa bosen aja sih dari bayi sampa sma di swasta terus. Rumah sakit, playgroup, tk, sd, smp, sma swasta semua. Ditambah lagi kalo sekolah di swasta terus banyak temen yg udah dikenal jadi yaaa tantangan untuk sosialisasi di lingkungan baru tu kurang. Benefitnya sih ya kita bisa langsung lebih akrab tapi kalo pergaulan kita cuma mentok di lingkungan yg sama terus ya gimana mau berkembang :/
Makanya aku pengen banget ngerasain jadi anak sekolah negeri yg pastinya lebih beragam.

Kalau ditanya aku milih jurusan apa, aku memilih Sosiologi, Antropologi, dan Komunikasi (sbmptn & um).
"Hah, mau kerja apa lu, Pat?", "Emang besok kerjanya gimana ya....", "Wes lah pasti keterima", "Ah peminatnya dikit tuh"
Itulah beragam komentar yg aku terima.
Ehem, begini ya, aku sebenernya bukan tipe orang yg realistis, tapi cenderung idealis. Aku memilih jurusan itu karena aku merasa ya aku cocok aja di bidang itu, aku menyenangi bidang itu, dan aku menyesuaikan dengan kemampuanku. Aku suka ngeliatin orang, baca buku, menulis, foto sesuatu, belajar bahasa. Trus aku nyoba sesuain deh sama jurusan yg kupilih. FYI, aku nggak berbakat di bidang matematika jadi aku mikir dua kali buat milih jurusan yg melibatkan banyak hitungan tiap waktunya. Percuma deh aku milih jurusan grade A tapi aku nggak bisa jalanin karena gak suka.

Beberapa orang emang masih mikirin prestige sih dalam memilih jurusan bahkan kampus. Kebanyakan terlalu mikirin gaji sama prospek kerja gimana. Menurutku sih ya, kalau ada niat berusaha pasti ada jalan buat nemuin pekerjaan suatu saat nanti. Tergantung kitanya sih kreatif atau nggak buat berinisiatif. Kalau kitanya yg giat kerja pasti kita bakal dapet uang kok yg bisa menghidupi kita. Karena aku juga belajar dari pengalaman seseorang yg dulunya kuliah arsitek eh sekarang berakhir jadi pegawai bank dan adiknya pun yg dulunya kerja di teknik sipil eh sekarang jadi pegawai. Hmmm. Tapi emang kadang pilihan jurusan yg pernah dijalanin kadang nggak sinkron sama pekerjaan yg kita punya sekarang. Hal ini juga pengaruh dari kondisi di negara kita yg lapangan kerjanya kurang tapi sdm nya melonjak. Sdm kita tu mampu cuma kadang aku nemu banyak penawaran kerja yg matok kualifikasi terlalu tinggi. Am I right?

Kesimpulannya, pilih jurusan yg kamu cintai bukan karena ikutan temen ato ngejar prestige tapi karena kamu bisa menikmatinya seperti kamu jalanin hobimu.

Soon aku bakal cerita kalau aku udah masuk ke perguruan tinggi ya :)



4 bird(s):

Ajimit said...

Pandai mencari celah, semua jurusan perkuliahan sudah ada tempatnya masing2. Ikuti passion, lentera jiwamu, sehingga segala sesuatunya terasa lebih ringan.

AS Oktriwina said...

That was happened to me when I decided to study psychology. Dikata gua bakal ngurusin orang gila terus hahaha :D

Tapi yah so far so good. Malah karena gua memilih jurusan yang gua senengin jadi gua lebih bisa berkembang deh :)

Anw, so happy to see you blogging again patt :D

DewasaKu said...

Kak minta sarannya dong, aku jg mau jadi seorang bloger tapi pusing mau mulai dari mana??

Immanuel Lubis said...

Cie, patrice yang jadi mahasiswi sekarang. Haha. Selamat!

I love your words. You're still Same always. Ini patrice yang gue kenal pertama dulu. Patrice yang beda dari semua cewek yang gue kenal.

Dari chat kita di line, gue kira lu tuh realistis, pat. Bahasa lu udah nyiratin itu. Gue kira lu bakal milih jurusan yang aman2 aja. Nyatanya, well, I'm totally wrong about you.

anyway gue beneran pengen ketemu sama lu deh, pat. Penasaran orangnya kayak gimana. Haha. Main2 dong ke jakarta, pat. I'm waiting for you.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved