>
Melihat Indonesia dalam dunia industri musik Dolores Haze : Melihat Indonesia dalam dunia industri musik

Future Machine

Friday, January 14, 2011

Melihat Indonesia dalam dunia industri musik



Dalam dunia industri musik di Indonesia, bagi sebagian orang mungkin beranggapan bahwa musik Indonesia tidak sebaik musik Barat. Hmmm... Tapi ada juga yg merasa bahwa lebih menyukai musik Barat ketimbang negeri sendiri, hehe. Dan hal itu dirasakan oleh saya sendiri.

Klo saya pikir, band-band di Indonesia semakin menjamur. Bahkan dgn kehadiran band-band baru yg klo dilihat-lihat jika bikin lagu kurang bermutu. Ya ga ? Ada kan band yg lirik lagunya ancur-ancuran, tata bahasanya  amburadul ? 
Contohnya ni yaa lirik ini ... : "aku mohon sayangilah diriku di dalam hidupmu, dan kamu jangan kasar-kasar lagi. dengarlah pujaan hati..."
hehe, ada yg tau itu liriknya siapa ? mungkin ga bisa saya sebutkan disini :p
Coba baca baik-baik, ada yg aneh ga di lirik itu ? Jawabannya, YA ! Coba lihat kata "kasar-kasar lagi", menurut saya itu kata kurang cocok deh. Bahasanya tu terlalu piyeee gitu, hehe. Seharusnya kata tersebut bisa diganti dgn kata lain yg lebih enak didengar lagi. Udah gitu yg nyanyi juga suaranya kurang enak didengar dan agak melambai, hehe. Sampai band tersebut sering dihina sama banyak orang.
Ya, biasanya kualitas musik band di Indonesia dinilai dari vokal, lirik lagu, dan personilnya ! haha. Hmm klo menurut saya personil ga begitu ngaruh deh sama kualitasnya. Tapi ada kan band yg personilnya jelek-jelek sama suaranya "MerDu" jadi populer cuma gara-gara style yg "extreme" sama lirik lagunya yg gampang diinget ?
hmmm
Satu hal, band-band yg saat ini lagi populer dan naik daun ga selamanya karir mereka bakal bertahan lama. Yaa ga semuanya sih, tapi ada satu personil yg tiba-tiba dapet kasus gitu pasti band itu bisa langsung bubar, ga laku, ato ga jadi populer lagi. Ya ga ? Kayak salah satu band yg kini udah bubar gara-gara vokalisnya jadi pelaku video porno. Tapi ga hanya itu, banyak band-band atau penyanyi yg karirnya merosot bukan karena terjerat kasus, tapi karena penggemarnya udah bosen gara-gara band ato penyanyi baru yg bermunculan. Biasanya sih band-band jadul ato yg bersianai di tahun 2000an itu udah banyak yg terlupakan gara-gara muncul band sama penyanyi muda baru yg lebih modern tentunya.
Oya Indonesia tu juga sering lho penyanyinya lipsynch. Ya ga ?! Sebel deh, masa ga pake suara aslinya. Kebanyakan klo yg lipsynch itu yg suaranya jelek, tapi klo di rekaman suaranya bisa oke bgt. Ga mutu bgt deh. 
hmmm

Beralih ke musik barat. Kenapa ya aku bisa lebih suka musik barat ketimbang musik Indonesia ? Ya menarik aja sih, hehe. Yang mengherankan juga, banyaak bgt band ato penyanyi barat yg terkenal di negerinya sendiri bisa langsung dikenal di Indonesia dalam waktu singkat ? Ya ga ? Ga hanya itu, artis sama film aja juga bisa dikenal di negeri Indonesia.... Yang jelas semua itu dilihat dari kualitas orangnya juga. Contohnya ya, band Green Day, Paramore, Avenged Sevenfold, dsb sama penyanyi Taylor Swift, Shakira, Avril Lavigne, dsb. Mereka terkenal dengan lagu-lagu mereka, yaa banyak kan orang Indonesia yg suka lagu mereka walau sebagian ga ngerti sama sekali bhs. Inggris ? hehe. Tapi perlu diakui klo musik barat itu patut diacungi jempol. Ga banyak lho musisi Indonesia yg bisa Go International. Tapi contoh musisi Indonesia yg sudah mendunia ya Agnes Monica sama Anggun C.Sasmi itu. Coba ya klo banyak musisi Indonesia yg mendunia, betapa bangganya negeri kita ini.
Ehm, yaa ga jauh beda sama di negeri sendiri, tiap kali ada penyanyi barat yg kena kasus gitu kepopulerannya bisa merosot dan fansnya pun berkurang.
Yayaya, coba pikir, tapi negeri kita ini masih mampu menunjukkan kualitas bermusik yg berbeda dan tidak monoton. Jangan langsung berpikir negatif ya baca artikel ini, hehe, melihat Indonesia dalam dunia industri musik menurut pandangan saya ini. Tapi banyak kok musisi yg berpengaruh di negeri kita ini, dan lagu-lagunya pun jadi favorit banyak orang. Ya, band/penyanyi yg lagunya jadi kesukaan banyak orang berarti memang kualitas bermusik mereka tidak diragukan lagi, yaa walaupun tampang ga mendukung kek, penampilan amburadul, lirik ancur-ancuran, yg penting mereka sudah menunjukkan kemampuan mereka sebaik mungkin :p


0 bird(s):

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved