>
Bagaimana HIV menular? (by : Indi) Dolores Haze : Bagaimana HIV menular? (by : Indi)

Future Machine

Thursday, February 23, 2012

Bagaimana HIV menular? (by : Indi)


Hey, everybody !
Cuma sekedar bagi info dari buku aja :D
Cekidot~

HIV terdapat dalam sebagian cairan tubuh, yaitu :
  • Darah
  • Air mani
  • Cairan Vagina
  • Air susu ibu
HIV menular melalui.....
  • Bersenggama dengan membiarkan darah, air mani, atau cairan vagina dari orang HIV positif masuk ke aliran darah orang yg belum terinfeksi (yaitu senggama yg dilakukan tanpa kondom, melalui vagina atau dubur, juga melalui mulut, walau kemungkinan kecil).
  • Memakai jarum suntik bekas orang lain, dan yg mengandung darah yg terinfeski HIV.
  • Menerima transfusi darah yg terinfeksi HIV.
  • Dari ibu HIV positif ke bayi dalam kandungannya waktu melahirkan, dan jika Ia menyusui bayinya sendiri.
Source :
Waktu aku sama Mika - Indi

***********

Tambahan dariku, penularan HIV juga bisa lewat jarum suntik/tindik yg gak steril (dari ODHA), sama air ludah (dari ODHA)
Klo ketemu ODHA (orang dengan HIV/AIDS), jangan dijauhin, mereka kan juga manusia :) 
Klo gak mau kena AIDS (amit-amit jgn sampe), ya jgn nglakuin hal-hal diatas. Hehe.
Oh ya, kak Indi, penulis buku "Waktu Aku Sama Mika" itu juga sempet mampir kesini untuk meluruskan opiniku ini, begini :
"Jarum/tindik yg gak steril gak bisa menularkan HIV, terkecuali kalau itu bekas ODHA dan ada darah yg tertinggal disana. Dan soal ludah, itu juga bukan salah satu media penularan HIV. Kita baru bisa mendapat HIV jika minimal meminum 1 galon air liur ODHA, jadi ciuman itu aman, selama gak ada luka terbuka. Bertukar gelas dll juga gpp. HIV itu sulit ditularkan lho, dari jarum pun gak bisa langsung tertular, harus melalui pembuluh darah dulu."
Aww, makasih buat koreksinya, kak :)
Fight AIDS ! :D


That's all, thanks
With Love,

9 bird(s):

Adittya Regas said...

bener nih cuman ini aja :)

Miss Patricia ♥ said...

hihi iya :D lewat jarum juga bisa

Claude C Kenni said...

Air ludah ga termasuk ya? Jadi kalo ciuman masih gpp?

Miss Patricia ♥ said...

wah itu juga termasuk kok

Ratri Sekar~ said...

eh ini buku 'waktu aku sama mika' kan? suka mbak :3
tapi yang kedua nggak terlalu bagus menurutku._.

Miss Patricia ♥ said...

iya dek,
klo yg kedua itu menurutku cuma cerita perjalanan hidupnya dari awal
tapi cukup bagus kok

Ratri Sekar~ said...

iya lumayan sih, cuman karna udah banyak di ceritain di yg pertama, jadi udah ketebak gitu. yg pertama bagus :)

Miss Patricia ♥ said...

that's right... ;)

dunia kecil indi said...

halo, terima kasih ya sudah mau share sama teman2 yg lain, tapi aku mau meluruskan sedikit.
jarum/tindik yg gak steril gak bisa menularkan HIV, terkecuali kalau itu bekas ODHA dan ada darah yg tertinggal di sana. dan soal ludah, itu juga bukan salah satu media penularan HIV. kita baru bisa mendapat HIV jika MINIMAL meminum 1 galon liur ODHA, jadi ciuman itu aman, selama gak ada open sore atau luka terbuka. bertukar gelas, dll juga gak apa. HIV itu sulit ditularkan, lho, dari jarum pun gak bisa langsung tertular, harus melalui pembuluh darah dulu. kalau bisa diralat ya. terima kasih :))

*aku relawan di yayasan aids indonesia

 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved