>
Suffering for beauty : Foot Binding Dolores Haze : Suffering for beauty : Foot Binding

Future Machine

Saturday, April 14, 2012

Suffering for beauty : Foot Binding


Hello everybody.
  Tau tentang Foot Binding? Klo belum tau, perlu deh baca ini.
  Foot Binding was a weird Chinese tradition, I guess. Cewek-cewek Cina jaman dulu sejak mereka masih kecil diharuskan untuk mengikat kaki mereka menjadi lebih kecil klo mereka kepengen keliatan cantik dan... seksi.

Ntar bentuknya jadi gini :


Hiiiiiiy
  Mengerikan? Menjijikkan? Menyedihkan? Semuanya -___-

  Kabarnya sih, tradisi ini tu cuma buat sekedar memenuhi hasrat pria-pria Cina dulu yg tergoda ngeliat goyangan pinggul cewek dgn kaki kecil yg lagi jalan. Errrr.

Nah, trus gimana sih proses Foot Binding itu?
  Tradisinya dilaksanain pas musim gugur, biar pas musim dingin kaki jadi mati rasa di bulan pertama pengikatan kaki. Awalnya kaki gadis kecil direndam di air panas, darah hewan, sama ramuan2, supaya kulitnya lembut. Habis itu dipijet sama digosok untuk ngilangin kulit mati. Trus dikasih tawas untuk pembekuan darah sama mengontrol keringat yg bisa bikin infeksi sama bau busuk. Setelah itu kaki gadis kecil diiket sama kain balutan yg udah dicampur sama ramuan, 4 jari kaki dilipet ke telapak kaki. Trus disumpel sama pecahan gelas atau kerikil di dalam ikatan biar memotong kulit dan agar cepet busuk, hiiiy. 
Kebayang gak tuh prosesnya yg rumit dan menyiksa bgt? Creepy.

FYI : menurut masyarakat Cina jadul, kaki kecil yg sempurna itu gak lebih dari 3 inchi.

Nah, ini contoh kaki yg masih dalam proses pengikatan :

Contoh macam sepatu yg dipakai :

Mereka menyebut perempuan berkaki kecil itu.... The Golden Lotus.

  Untungnya tradisi ini udah gak ada lagi. Syukur deh... 

  Kadang, untuk menjadi cantik itu harus sakit dulu, tapi klo terlalu dipaksakan dan cuma menyiksa diri sendiri.... worthless. Untuk jadi cantik itu gak harus slalu mengikuti adat, tapi kecantikan perempuan itu dinilai dari kebaikan, kepintaran, dan ketakutannya terhadap Tuhan.
  So, love yourself for what you are ;)

For more info about this tradition, check HERE or THERE.

Violence Against Women !

That's all, thanks
With Love,

7 bird(s):

3 pocong idiot said...

uhh... itu apa ==a

uhm mau gimana ya pet. kakak sih sebenarnya agak risih dengan tradisi itu, tapi apamaudikata itu sebuah tradisi dan setiap negera memlikinya. untunglah di Indonesia tidak ada yang semacam itu, walau ada yg lebih parah. kayak masang anting, sampai daun telinga menjuntai panjang. leher dimasukin gelang, sampai2 lehernya kayak jerapah dll.

dan beruntung kita bisa hidup dijaman sekarang :D

Adhella Subalie said...

serem ._.

Miss Patricia ♥ said...

@Kak Adit : wew, aku juga risih liatnya. itu emang bener2 tradisi yg aneh. syukurnya di negara sendiri gak ada tradisi yg aneh2

@Adel : iya dek -__-

AuL Howler said...

ya amplop.

harus ya diggituin biar dibilang cantik?

*bengong*

Bersyukurlah orang yg hidup di zaman modern.

hiiii...
serem amat sih ngecilin kaki

nice p[ost patt!

nuel said...

wah kasian banget.. ckckck

Miss Patricia ♥ said...

@bang Aul : aiih iyah, bener2 konyol malah -__-

@bang Nuel : nggak cuma kasian, menyakitkan :-/

i luv u said...

qu udh baca nih artikel berkali2..di tv sih..
tpi emg gk hbis pikir...
trnyta oh trnyta...
gw cuma bsa berkata:::
"oh,mogot...?!!!!!! parah..!!!!!

MAMPIR yah sist,,,,
ke blog qu....
^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved