>
dilema e-cash Dolores Haze : dilema e-cash

Future Machine

Monday, June 19, 2017

dilema e-cash

Hello folks!
Jadi pada tanggal 25 Februari 2017, aku hampirrr aja kena scam (lagi).
Tapi kali ini bukan melalui via LinkedIn, tapi melalui via WA.

Ceritaku tentang scammer di LinkedIn bisa dicek DISINI.
Ada calon customer yang mau beli barang yang kupromote di Olx. Awalnya dia sempet nelpon berkali-kali tapi nggak kuangkat. Nggak banyak tanya, langsung dia chat dan kirim alamatnya untuk dikirimin. Trus kan ya aku otomatis ngasih total dan nomor rekeningku.

Isi chat bisa dilihat dibawah ini:




Nah disitu aku pura-pura ngaku kalo pernah ketipu E-cash Mandiri (aduh amit-amit deh ya).
Apa itu E-cash? Coba deh google sendiri hehe. Memang sih E-cash ini masih banyak yang belom tau, termasuk aku yang nggak bakal ngeh seandainya nggak ada penipu yang ngehubungi aku dan nggak denger pengalaman temen hehe.
Kubilang juga kalau lebih prefer COD atau transfer M-banking/atm secara biasa aja, nggak pake E-cash gitu segala.
Trus abis itu nggak dibalas lagi haha.


Jangan mudah percaya sama customer yang nawarin pembayaran via E-Cash. Seperti yang tertulis di chat diatas, dia bakal ngasih kode voucher trus nyuruh kita untuk ke atm dan tarik tunai. Sebenernya otomatis uang kita tetep bakal masuknya ke dia. Bener-bener hari itu juga dan jam itu juga kita disuruh ke atm, mana tanya saldo kita segala.
Kalau ada yang bilang untuk bisa ambil uang harus pakai OTP (One Time Password) atau kita harus infokan kode yang kita terima melalui SMS, bisa jadi itu adalah penipuan.
Sebenernya E-cash itu basically bukan metode penipuan, cuma sering dipake sama oknum-oknum nggak bertanggung jawab untuk dapetin barang yang dia mau, juga dapetin uang kita.
Oya, kalau mau tau lebih seputar penipuan E-cash, coba cek web INI.
Jangan pernah lupa juga untuk cek mutasi, kalau metode pembayaranya via M-banking maupun atm biasa. Karena jaman sekarang bukti transfer pun bisa dipalsuin.
Waspada itu perlu hehe.


Sekian dan stay safe yah sayang~

1 bird(s):

Arif Budi Darmawan said...

Iya mana ada e money buat transfer uang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2009 by Patricia Krisnashanti l Jurnal Patricia l All rights reserved